Penelitian ini dilakukan di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang, Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang Jawa Timur Indonesia. Keberadaan UMM merupakan prakarsa para tokoh-tokoh dan pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang. Pada awal berdirinya UMM merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan akte Notaris. R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No 71 tanggal 19 Juni 1963. Mengenai proses berdirinya UMM sebagaimana peneliti dapatkan dari dokumentasi sebagai berikut:
- UMM berdiri pada tahun 1964. UMM merupakan salah satu Universitas yang tumbuh cepat, sehingga oleh PP Muhammadiyah diberi amanat sebagai pendidikan tinggi pembina untuk seluruh PTM (Pendidikan Tinggi Muhammadiyah) wilayah Indonesia Timur. Program-program yang di desain dengan cermat menjadikan UMM sebagai "The RealUniversity", yaitu universitas yang benar-benar universitas dalam artian sebagai institusi Pendidikan tinggi yang selalu komit dalam mengembangkan Tri Darma Pendidikan Tinggi pada sekarang ini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempati 3 lokasi kampus, yaitu Kampus I di Jalan Bandung, Kampus II di Jalan Sumbersari dan Kampus III di Tegal Gondo. Kampus satu yang merupakan cikal bakal UMM, dan sekarang ini dikonsentrasikan untuk Program Pasca Sarjana. Sedangkan Kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama, sekarang di konsentrasikan Sebagai Kampus Fakultas Kedokteran dan Program D3 Akademi Perawat. Sedangkan Kampus III sebagai Kampus terpadu dijadikan sebagai pusat sari seluruh aktivitas.
- Fakultas-fakultas pada awal berdiri, UMM baru membuka beberapa fakultas, yaitu fakultas Hukum, Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta jurusan Ilmu Agama (Cabang dari FAI Universitas Muhammadiyah Jakarta). Seiring
dengan berjalannya waktu dan tuntutan zaman, maka UMM telah membuka fakultas-fakultas lain, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Psikologi, Kedokteran, Program D3 Keperawatan dan
Program Pasca Sarjana yang masing-masing mengembang beberapa jurusan.
Dosan dan Staf Teknis Di bidang akademik, UMM terus mengembangkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pendidikan, penelitian yang berstandar internasional serta didukung dosen yang qualified. Hal ini dilakukan, karena UMM telah bertekad menjadi The Real University. Saat ini, UMM mempunyai staf pengajar tidak kurang 750 orang dengan kualifikasi pendidikan hampir 80% lulusan S2, 15% S3 dan Guru
Besar sedangkan sisanya masih lulusan S1 dari berbagai PT dalam dan luar negeri. Selain itu UMM juga didukung oleh ratusan staf administrasi, teknisi dan laboran yang masing-masing ahli di bidangnya. Universitas Muhammadiyah Malang dalam proses pengembangannya berada didua wilayah antara Kopertis dan Kopertais, sebagaimana yang dikemukakan oleh Kabiro Akademik Drs. Abdulkadir, M.Si: Universitas Mumammadiyah Malang dalam proses pengembangannya berada pada wilayah Kopertais dan Kopertis. Sementara FAI berada dibawah Kopertais sedangkan fakultas-fakultas yang lain berada dibawah Kopertis dari gambaran ini jelas bahwa strategi pengembangan kurikulum PTAIS yang dimaksud adalah FAI yang berada dibawah kopertais.
Menjadikan universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan berdasarkan nilai-nilai Islam.
b. Misi :
1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu
2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia
3. Menyelenggarakan pengelolaan universitas yang amanah
4. Menyelenggarakan pembinaan civitas akademik dalam kehidupan yang Islami sehingga mampu ber-uswah khasanah
5. Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan
c. Program Pendidikan di UMM
Universitas Muhammadiyah Malang sebagai pendidikan tinggi berkometmen mewujudkan dirinya sebagai universitas "The Real University", yaitu universitas yang benar-benar universitas dalam artian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu komit dalam mengembangkan Tri Darma
Pendidikan Tinggi.
Berdasarkan penelitian yang sedang peneliti lakukan, untuk mengkaji strategi pengembangan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan, maka objek penelitian ini hanya ada pada Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang. Fakultas Agama Islam (FAI) UMM memiliki dua jurusan antara lain: 1). Jurusan Pendidikan Agama Islam, 2) Jurusan Al-Ahwal Al-Syakhisyyah. Sebagai PTAIS maka Fakultas Agama Islam bertujuan membentuk manusia yang bermutu tinggi sebagaimana yang termaktub dalam visi, misi dan tujuan
sebagai berikut:
a. Visi Fakultas Agama Islam UMM
Menjadikan fakultas agama yang terkemuka dalam pengembangan dan pengamalan ilmu-ilmu keislaman khususnya dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Hukum Islam.
b. Misi Fakultas Agama Islam UMM
Menyelenggarakan pendidikan agama Islam yang bermutu pada jenjang strata S-1.
1) Megadakan penelitian untuk mengembangkan ilmu-ilmu keislaman
2) Melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk pengamalan ilmu dan ajaran Islam
3) Melakukan dakwah Islam
c. Tujuan Fakultas Agama Islam UMM
Berdasarkan visi dan misi di atas, maka Fakultas Agama Islam (FAI)
bertujuan mengantarkan mahasiswa menjadi sarjana yang berkompetensi pada tiga hal:
4) Ahli dalam bidang agama Islam berkometmen pada Islam dan menjalankan ajaran-ajaranya
5) Penggerak bidang keagmaan dimasyarakat umum dan sebagai sektor kehidupan serta kelembagaan
6) Tanaga profesional dalam bidang kerjasama yang menjadi konsentrasi studinya
d. Program Pendidikan UMM
Fakultas Agama Islam UMM menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dunia pasar, sehingga harapan konsumen dapat terpenuhi dengan baik. Fakultas FAI UMM membuka tiga jurusan antara lain: Pendidikan Agama Islam, Sya’reah, Pendidikan Bahasa Arab. Sementara untuk menunjang proses perkuliahan yang efektif masing-masing jurusan tersebut pada FAI UMM dapat didukung oleh sarana dan prasaran yang memadai dan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
sumber : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=12&ved=0CHgQFjAL&url=
Tidak ada komentar:
Posting Komentar